How To Start A Podcast?

Aug 1, 2020

By far, ini salah satu pertanyaan yang paling sering masuk di DM. Just for the fun of it, ini 3 variasi lainnya:

  • Rub, gua baru mau memulai podcast, terinspirasi dari lo & Ario. Kalau boleh mau minta waktu lo untuk ngobrol-ngobrol gimana memulai podcast.
  • Mas, aku sudah jalan podcast beberapa episode, tapi masih ngerasa bisa diimprove. Would you mind taking a listen and let me know what you think?
  • Hi Rub, suara lo bisa bagus padahal direkam di ramenya restoran. Boleh share tips & tricknya?

Untuk pertanyaan di judul, pertanyaan ke 1 & 2, gua punya jawabannya buat lo. Rapih, terstruktur, dengan visual yang cakep, dalam video Youtube yang tidak lebih dari 8 menit. Gua mungkin ga bisa jawabin lo semua satu per satu, tapi gua bisa jawabin secara kolektif lewat video ini. Take a look and let me know what you think.

__

__

Untuk gear, menurut gua, apapun gear yang lo pake, yang penting suara lo kedengeran, dan batas atas & bawahnya terjaga, nyaman di kuping untuk jangka waktu yang lama, you're safe. Rekam dengan audio recorder di hape bisa. Rekam pake audio recorder di laptop bisa. Jangan terlalu ketergantungan dengan gear bagus. Yang mesti lebih lo ulik adalah isi yang keren. Isi = cerita, manfaat, keseruan, etc yg bisa lo bawa ke episode podcast lo. Lo bisa gali ini di video di atas.

But hey, if you really want to know our gear, here goes:

  • Mic > Audio Technica BHPS1
  • Audio Recorder (Sekaligus Sound Card) > Zoom H6N
  • Software Editing > Audacity

Gua tunggu podcast-podcast lo yang keren!

Smile on, shine on

@fellexandro